Pengantar SKCK

Deskripsi

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dahulu, sewaktu bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI melalui fungsi Intelkam kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut. (Vide Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014)

SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang oleh yang bersangkutan.

Persyaratan

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Download
  2. Kartu Keluarga (KK) Download
  3. Surat pernyataan di atas kertas bermaterai Rp 6.000 tentang kebenaran data dan keabsahan data Download
  4. Jika dikuasakan Surat kuasa di atas kertas bermaterai RP 6.000, KTP orang yang diberi kuasa
  5. Surat pengantar dari Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon Download
  6. Surat Permohonan di atas kertas bermaterai Rp. 6.000 atau Formulir Permohonan

Biaya

Tidak dikenakan biaya

Komentar: 0 Bagikan: Share on Google+ Cetak:

Tinggalkan Komentar